Jumat, 15 April 2011
Malaria merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Angka kesakitan dan kematian malaria di Indonesia dalam kurun waktu lima tahun terakhir menunjukan trend menurun. walaupun demikian kemungkinan besar penyakit ini meningkat bahwa hingga mewabah, apabila tidak dilakukan penanganan yang memadai. Pemerintah memandang malaria masih sebagai ancaman terhadap status kesehatan masyarakat terutama pada rakyat miskin yang hidup terpencil. hal ini tercermin dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 7 tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2004-2009 yang intinya malaria termasuk penyakit prioritas yang perlu ditanggulangi.
 Penanggulangan Malaria dilakukan secara komprehensif dengan upaya promotif, prepentif dan kuratif hal ini bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian serta mencegah KLB. Untuk mencapai hasil yang optimal upaya preventif dan kuratif tersebut harus dilakukan dengan berkualitas dan terintegrasi dengan program lain.
Penitikberatan pada pelayanan kesehatan yang berkualitas diharapkan akan memberikan kontribusi langsung dalam pengobatan yang efektif. Buku pedoman ini menjadi standar rujukan teknis para tenaga kesehatan yang melakukan pengobatan malaria, merupakan bagian dari peningkatan dan penjagaan kualitas pelayanan. Semoga buku pedoman ini bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat pada pelayanan kesehatan masyarakat khususnya dalam pengobatan malaria.
Silahkan Download Disini
Jangan lupa kasih komentarnya ya....

Selamat Datang


Terima kasih atas kunjungannya di blog kami puskesmas tumpung laung, mudah-mudahan blog ini bisa menjadi inspirasi bagi puskesmas lainnya di kota muara teweh agar bisa berkreatif dalam mengembangkan Instansinya.

Buku Tamu

Teman