Sabtu, 11 Juni 2011

2 cara kegel / pelvic floor exercise:
I.          Latihan dengan cara perlahan-lahan
1.   Posisi pasien duduk atau berdiri dengan nyaman dengan lutut sedikit renggang.
2.   Arahkan pasien mencoba untuk menekan otot-otot dasar panggul seolah-olah sedang berusaha untuk menahan buang angin dan menahan buang air seni.
3.   Usahakan pasien tidak menggunakan otot perut, paha atau pantat ketika sedang lakukan latihan ini.
4.   Bila pasien dapat menekan kedua-duanya bersamaan sedapatnya, dan mampu untuk menahan selama sebatas kemampuannya sampai sepuluh detik. Kemungkinan untuk gerakan yang kedua, ketiga atau selanjutnya pasien tidak mampu untuk pertama kalinya.
5.   Ulangi ini sesering mungkin sampai sepuluh kali, tetapi harus ada jeda istirahat antara gerakan satu dengan yang berikutnya empat sampai lima detik.

II.         Latihan dengan cara cepat
1.   Latihan cepat sama caranya dengan latihan lambat (perlahan).
2.   Saat pasien menekan otot-otot dasar panggul, perintahkan pasien untuk melepaskan/ merilekskan dengan seketika sehingga pasien hanya merasakan pengangkatan yang sangat cepat pada dasar panggulnya.
3.   Ulangi latihan ini setiap saat semampu pasien. Kalau bisa sampai sepuluh kali.
4.   Lakukan kedua gerakan ini (gerakan lambat dan cepat) sedikitnya empat kali sehari, tetapi sepuluh kali sehari jika bisa.
5.   Jangan melakukan latihan bila terjadi nyeri pada otot dasar panggul.

Selamat Datang


Terima kasih atas kunjungannya di blog kami puskesmas tumpung laung, mudah-mudahan blog ini bisa menjadi inspirasi bagi puskesmas lainnya di kota muara teweh agar bisa berkreatif dalam mengembangkan Instansinya.

Buku Tamu

Teman