Sabtu, 11 Juni 2011
Tes Malaria
Malaria adalah penyakit serius, terkadang fatal/mematikan, yang ditandai demam tinggi, menggigil dan gejala seperti influenza. Penyakit ini ditularkan dari penderita ke individu yang sehat melalui gigitan nyamuk Anopheles.
Saat ini penyakit malaria telah tersebar di lebih dari 90 negara di seluruh dunia dan diduga lebih dari 500 juta kasus klinik dan 2,7 juta kasus per tahun menyebabkan kematian. Dari jumlah kematian tsb, 75% merupakan anak–anak Afrika. Infeksi akibat P. falciparum, apabila tidak segera ditangani akan berakibat fatal.

Informasi Umum
Tes SD BIOLINE Malaria Ag Pf/Pan suatu tes kualitatif cepat, untuk membedakan dan deteksi HRP-II (Histidine-rich protein II) yang spesifik terhadap P. falciparum dan pLDH (Plasmodium lactate dehydrogenase) spesifik terhadap Plasmodium yang lain dalam darah manusia.


Fitur Produk:
SD BIOLINE Ag Malaria Pf / tes Pan adalah uji satu langkah, cepat, kualitatif dan diferensial untuk mendeteksi HRP-II (II protein Histidin-kaya) khusus untuk P. falciparum dan pLDH (Plasmodium dehidrogenase laktat) Pan khusus untuk P. spesies dalam sampel darah manusia.



Indikasi  
Dapat membedakan antara Plasmodium falciparum dan Plasmodium spesies yang lain (P. vivax,P. ovale, P. malariae)
Spesimen : darah 5µl
Hasil test dibaca dalam waktu 15 – 30 menit
Penyimpanan : suhu ruangan (1 – 40C)
Sensitivitas : 99,7% (P.f), 95,5% (non-P.f)
Spesifisitas : 99,5%
Sensitifitas dan spesifisitas maksimal



Perhatian 
Alat dan bahan yang tersedia
Alat untuk tes SD BIOLINE Malaria Ag P.f/Pan
Bahan pelarut
Aplikator (loop) sampel sekali pakai 


Cara Pemakaian SD Bioline (Tes Malaria)



Hasil Tes SD Bioline Malaria

 Sebenarnya masih ada lagi tes SD Bio Line yang lainnya seperti gambar dibawah ini;
 Di puskesmas kami dan jaringannya hanya mengguankan SD Bioline yang hijau atau SD Bioline Malaria antigen p.f/pan seperti gambar ini; 
Untuk perbadaan yang warna biru dan hijau saya masih belum tau perbedaan specifiknya dimana mungkin teman- teman perawat lainnya bisa memberikan penjelasan disini biar bisa saling share dengan perawat lainnya. terima kasih.
Masih banyak lagi SD Bioline yang lainnya dan bisa dilihat untuk tes kolera (cholera Ag Test)

Selamat Datang


Terima kasih atas kunjungannya di blog kami puskesmas tumpung laung, mudah-mudahan blog ini bisa menjadi inspirasi bagi puskesmas lainnya di kota muara teweh agar bisa berkreatif dalam mengembangkan Instansinya.

Buku Tamu

Teman